Senin, 10 Oktober 2016

ATM Sebagai Contoh Sistem Cerdas dalam Kehidupan Sehari-hari



Kali ini saya akan mengambil coton mesin ATM sebagai contoh dari sistem cerdas yang kita gunakan pada kehidupan sehari-hari. Tentunya mesin ATM bukan lah hal yang baru bagi kita, hampir semua orang menggunakanya untuk mempermudah aktifitas contohnya mengirim uang (Transfer) kita dapat melakukanya dalam hitungan menit saja dan uang yang kita kirim bisa sampai.
Berikut saya akan menjelaskan secara singkat cara kerja mesin ATM. Jika anda ingin bertransaksi menggunakan ATM, anda hanya tinggal memasukkan kartu ATM anda ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin, maka kartu anda akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.
Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM anda, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan anda harus memasukkannya sendiri. Jadi jangan sampai anda lupa dengan PIN ATM anda. Kemudian setelah anda memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-data anda tidak bisa terbaca oleh pihak lain.
Setelah data-data anda selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-data anda akan dikirim kembali ke ATM. Dan anda akan mendapatkan apa yang anda minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai, cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.
Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya. Berikut adalah gambaran dari flowchart mesin ATM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar