Minggu, 25 Oktober 2015

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dalam Bidang Ekonomi


Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi Di Bidang Ekonomi – Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dianggap memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena perkembangan teknologi informasi, perekonomian negara mulai menunjukkan perubahan yang signifikan. Banyak hal yang dirasakan berbeda dan berubah dibandingkan dengan pertumbuhan sebelumnya.
Bila jarak dan waktu tidak menjadi masalah, yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi yang dibuat untuk memfasilitasi ini. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara ini. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi negara. Namun, perkembangan teknologi informasi juga memiliki sisi negatif, di mana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan ilmu kemajuanm. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru untuk aktivitas manusia.
Khusus dalam bidang teknologi orang telah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir. Namun, meskipun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan penggunaan istilah negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.
A.     Dampak Positif Teknologi Informasi di Bidang Ekonomi
1.      Internet Banking
Teknologi ini berkembang pesat, baik teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara. Selain itu, dampak positif dari teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang ekonomi adalah:
·         Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
·         Terjadinya industrialisasi.
·         Meningkatkan produktivitas dunia industri. Kemajuan teknologi akan meningkatkan produktivitas industri baik dari industri teknologi dan aspek produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan meningkatkan produktivitas ekonomi dunia.
·         Di masa depan, dampak dari perkembangan teknologi dalam industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa bisnis akan segera teknologi yang memungkinkan konsumen individu untuk melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga layanan dapat diimplementasikan dalam selera langsung dan individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting, konsumen tidak perlu pergi muncul ke toko.
·         Persaingan di dunia kerja yang membutuhkan pekerja untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.
·         Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada lapangan kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja mampu mentransformasikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tuntutan tenaga kerja berubah.
·         Ekonomi Kemajauan di bidang kedokteran mampu membuat produk medis menjadi komoditas.
·         Penggunaan yang lebih luas dari ICT akan semakin menciptakan lapangan kerja.
·         Dengan fasilitas di iklan internet di situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
·         Perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, karena pembeli mengakses Internet tidak dibatasi ruang dan waktu.
·         Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi.
·         Menghabiskan lebih sedikit, karena karyawan tidak banyak.
·         Harga barang lebih murah, karena biaya operasional yang rendah.
·         Bisnis berbasis ICT atau yang biasa dikenal sebagai e-commerce dapat mempermudah transaksi bisnis suatu perusahaan atau individu.
·         Pemanfaatan TIK untuk membuat layanan baru dalam ekonomi dan bisnis, antara lain, internet banking, SMS banking, dan e-commerce.
2.      Internet Banking
Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Perdagangan yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa saldo, mentransfer uang, membayar tagihan. Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapat memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja.Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain:
·         Menghemat waktu, karena tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi.
·         Menghemat biaya, karena transportasi ke bank dapat dihilangkan.
·         Lebih cepat, karena tidak harus menunggu dalam antrean banyak.
3.      SMS Banking
SMS Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (Short Message Service). Transaksi yang dapat dilakukan adalah untuk memeriksa saldo, mentransfer uang, dan pembayaran tagihan.
·         E-commerce Electronic commerce (electronic commerce)
·         Electronic commerce adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet. Keuntungan dari perdagangan elektronik, antara lain:
·         Perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, karena pembeli mengakses Internet tidak dibatasi ruang dan waktu.
·         Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
·         Menghabiskan kurang, karena karyawan tidak banyak.
·         Harga barang lebih murah, karena biaya operasional yang rendah.
Keuntungan yang diperoleh oleh konsumen antara lain:
·         Konsumen tidak perlu menyimpan untuk mendapatkan barang.
·         Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.
·         Konsumen dapat membandingkan harga pengiklan lain di internet.
·         Konsumen dapat membeli barang-barang di dalam negeri tidak ada
·         Harga barang lebih murah.
·         Dengan perkembangan ICT yang mengakibatkan banyak pedagang online yang muncul, konsumen tidak perlu pergi ke toko untuk mendapatkan barang.
·         Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan.
·         Konsumen dapat membandingkan harga pengiklan lain di internet.
·         Konsumen dapat membeli barang-barang yang tidak ada di negara ini.
·         Di bidang bisnis baik perdagangan barang dan jasa komputer akan sangat penting untuk transaksi rutin kegiatan yang baik, periodik, maupun insidental dan menyediakan informasi secara cepat dan Manajemen Informasi tepat.Sistem (SIM) / Sistem Informasi Manajemen (SIM), adalah sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah dan perusahaan kecil.
·         Dalam perusahaan dagang seperti department store, telah menggunakan cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin dapat dikendalikan oleh manajer ruangan hanya bekerja dengan cepat dan akurat, untuk kode barang barcode scanning, menghitung laba rugi , persediaan dan sebagainya.
B.     Dampak Negatif Teknologi Informasi Bidang Perekonomian
Beberapa dampak negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pemerintahan, antara lain:
·         Dengan mudah melakukan transaksi di Internet akan memfasilitasi juga menyebabkan transaksi yang dilarang sebagai selundupan transaksi atau transaksi narkoba.
·         Hal ini sering terjadi adalah pembobolan sebuah lembaga atau rekening perorangan yang mengakibatkan kerugian finansial yang besar.
·         Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyak kasus penipuan dalam perdagangan online.
·         Perlawanan Membeli online. Untuk orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa canggung ketika mereka harus bertransaksi tanpa tatap muka atau melihat penjual. Belum lagi rasa takut jika pembayaran tidak dikirim atau tidak diterima. Atau barang tidak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tidak diterima.
·         Kekekrasan dan Gore. Kekejaman dan kesadisan juga ditampilkan dalam dunia bisnis internet. Karena segi bisnis dan isi di internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara untuk dapat menjual situs mereka, salah satunya dengan menunjukkan hal-hal yang tabu.
·         Carding. Karena sifatnya yang langsung (real time), bagaimana menggunakan belanja kartu kredit Anda adalah yang paling banyak digunakan di dunia internet. Internetpun kebanyakan penjahat melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi keberadaan transaksi (menggunakan kartu kredit) secara online dan mencatat kode kartu yang digunakan. Selanjutnya mereka menggunakan daptkan data mereka untuk melakukan kejahatan.
1.      Cybercrime
Cybercrime adalah kejahatan seseorang melalui internet di dunia maya yaitu:
·         Melintasi perbatasan
·         Perbuatan dilakukan secara ilegal
·         Kerugian yang sangat besar
·         Membuktikan secara hukum sulit
2.      Hacking
Mencoba untuk masuk ke jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan sistem jaringan.Hacking di facebook yang sering terjadi sebagai sarana jual beli online, menyebabkan kerugian bagi penjual atau pembeli.
3.      Cracking
Bisnis ilegal memasuki jaringan dengan maksud untuk mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang disimpan pada jaringan. Dalam dunia bisnis online ini menyebabkan kerusakan besar.Saling menghujat di media sosial sejak mengambil foto kesaksian atau foto dari produk yang dijual tanpa izin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar